Wednesday, December 29, 2010

Review: Garuda Menang Meski Tak Juara

Muhammad Ridwan (c) Reuters
Muhammad Ridwan
Bola.net - Meski mampu menang 2-1, namun tim Indonesia harus memberikan Piala AFF Suzuki 2010 kepada Malaysia karena mereka lebih unggul dengan agregat 2-4.Ketertinggalan agregat tiga gol mau tak mau harus membuat tim Garuda Merah Putih menekan Harimau Malaya itu sejak menit-menit awal babak pertama.
Berkali-kali menekan, Indonesia akhirnya mendapatkan peluang emas mereka di babak pertama ini. Pada menit ke 18, wasit asal Australia, Peter Daniel Green menunjuk titik putih saat Mohd. Sabre terlihat menyentuh bola di kotak penalti Malaysia. Sangat disayangkan Firman Utina yang menjadi algojo penalti itu gagal menyelesaikan tugasnya, bola tendangannya yang mengarah ke kiri masih bisa dibaca kiper Malaysiam Khairul Fahmi.
Malaysia malah bangkit usai penalti tersebut, mereka sempat membuat Markus harus kalang kabut menyelamatkan gawangnya. Beruntung kiper nomor satu Indonesia itu mampu menepis tendangan Mohamad Ashari.
Di menit-menit akhir babak pertama, Indonesia tetap mendominasi jalannya pertandingan dan sempat membahayakan gawang Malaysia melalui beberapa kemelutnya, akan tetapi finishing yang kurang baik dari Cristian Gonzales, Ahmad Bustomi dan pemain Garuda Merah Putih lainnya, hingga babak pertama usai gol pun tak kunjung tercipta.
Indonesia tidak mengendurkan serangan mereka di awal babak ke dua, akan tetapi Malaysia malah menerapkan sistem bertahan total dan mengejutkan publik Gelora Bung Karno dengan gol mereka.
Malaysia pun mampu menambah keunggulan agregat mereka menjadi 4-0 melalui serangan balik Safee Salee di menit ke 53. Sang top skor sementara itu mengakhiri serangan baliknya dengan tendangan keras ke sisi kanan gawang Indonesia yang tak mampu diantisipasi Markus. Skor 0-1 untuk Malaysia dan bagi Safee ia kini melengkapi perolehan golnya menjadi 5 gol dalam turnamen ini.
Indonesia mencoba bangkit meski terlihat sedikit frustasi, seperti yang dilakukan Firman dengan tendangan spekulasinya. Di menit ke 55, kapten tim Garuda itu melesakkan tendangan keras jauh di luar kotak penalti yang masih mengarah tepat dalam genggaman Fahmi.
Alfred Riedl pun langsung menarik kapten tim yang terlihat sedikit frustasi itu, ia langsung menarik Firman semenit usai peluang tersebut dan menggantinya dengan Eka Ramdani. Tak hanya itu, Riedl pun memasukkan Bambang Pamungkas untuk menggantikan Irfan.
Indonesia mulai memperkecil ketertinggalan mereka saat penetrasi cantikAhmad Bustomi di menit ke 68 ia akhiri dengan tendangan keras yang masih bisa ditahan kiper Malaysia. Beruntung bola muntah masih mengarah kepadaMohamad Nasuha yang langsung menghujamkannya ke gawang Harimau Malaya itu tanpa mampu dibendung oleh Fahmi. Skor berubah 1-1, dan agregat juga berubah 1-4 untuk tim tamu.
Indonesia terus pantang menyerah untuk mengejar agregat tersebut.Muhammad Ridwan akhirnya memperkecil agregat menjadi 2-4 melalui tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Semenit sebelum laga usai, Indonesia sempat mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas cantik Bambang Pamungkas. Sayang Fahmi lagi-lagi menjadi penghalang bagi tim Garuda untuk mencetak gol, dan kedudukan 2-1 pun tak berubah hingga wasit Peter Daniel meniup peluit panjang tanda laga usai.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More