Thursday, March 31, 2011

Foto Terbaru Merkurius Jepretan NASA

 Nasa kemarin merilis penampakan planet Merkurius terbaru yang dikirim dari wahana antariksa Messengger. Inilah jepretan perdana pesawat ruang angkasa yang pertama kali mengorbit di planet terdalam itu.

Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari. Planet yang disebut-sebut berada di tepi neraka ini, mengitari Matahari dalam setahun selama 88 hari, dengan kecepatan rata-rata 170.600 km/jam.

Citra satelit yang terkirim dari Messenger merekam sebuah kawah selebar 85 kilometer bernama Debussy. Seberkas cahaya terang muncul dari tengah kawah tersebut. Di sebelah barat Debussy, terdapat kawah lain yang lebih kecil dan selebar 15 kilometer bernama Matabei. Kawah ini dikenal dengan kegelapannya yang tak biasa.

Messenger atau MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry, and Ranging adalah sejarah dalam penjelajahan antariksa manusia. Wahana yang diluncurkan 2 Agustus 2004 telah menempuh penerbangan sejauh 7,9 miliar kilometer. Dia mengelilingi matahari sebanyak 15 kali dan melesat melintasi Bumi, Venus dan Merkurius serta ngebut mengejar ketertinggalannya dengan Merkurius.

Messenger akan kembali mengambil gambar pada 4 April mendatang. Wahana ini akan tinggal di orbit selama empat tahun. Misinya dapat diperpanjang selama satu atau dua tahun jika anggaran NASA memungkinkan. Ketika bahan bakar habis dan tidak ada tambahan dana, pesawat ruang angkasa tersebut akan menabrak permukaan Merkurius.
 


Sumber:
http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2011/03/31/brk,20110331-324073,id.html 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More