Friday, March 11, 2011

Jelang Tsunami, Warga Pesisir Pantai Papua Barat Sudah Diungsikan

Situasi di Papua Barat masih kondusif menyusul prediksi akan terjadi tsunami kecil di  Papua, Malut, dan Sulut. Sebagian warga di pesisir pantai Papua Barat perlahan-lahan mulai diungsikan.

"Situasi masih kondusif. Tidak ada kepanikan. Sudah kita upayakan evakuasi warga di pesisir pantai. Nelayan yang melaut sudah kita informasikan," kata Dandim 1703 Manokwari, Letkol Edward Sitorus, saat dihubungi detikcom, Jumat (11/3/2011).

Edward mengatakan, diupayakan sebelum waktu prediksi tsunami datang, warga di pesisir pantai sudah kosong. Sedangkan warga yang berada di kota sudah diinformasikan mengenai datangnya tsunami. 

Masyarakat di kota sudah berinisiatif sendiri mengungsi ke tempat-tempat tinggi seperti di daerah Amban dan kaki Gunung Meja.

"Ya kita dalam waktu singkat diupayakan sudah bisa clear 100 persen. Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," jelasnya.

Tsunami yang melanda Indonesia bagian timur diprediksi tidak akan tinggi, tidak lebih dari 1 meter saja sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More